Rissa Indrasty

My Photo
Jakarta , Jakarta Selatan, Indonesia
seafairy | journalist | artist | musician | artworker | traveller

Ingin lebih percaya diri dan lebih kepo #1Day1Dream

06 january 2015




"Jurusan jurnalistik itu kan gampang cuma nulis-nulis.."

Begitulah pendapat teman-temanku yang mendengar aku jurusan jurnalistik,

Padahal ..

Tidak se-simple itu , 
nulis-nulis doang ? seenak gigi lu banget ngomong cuma nulis -nulis doang ..

Oke, gue jelasin pengertian jurnalistik..

Jurnalisik adalah proses mencari, mengumpulkan, menulis dan menyebarkan berita kepada khalayak. Nah so pasti lu harus selalu menjadi updeters dalam segala aspek kehidupan di muka bumi ini.Seorang jurnalis juga di tuntut bekerja ketika semua orang berlibur, termasuk Hari raya besar , *hari raya kurban* ketika lu enak-enakan makan lontong di home sweet home , seorang jurnalis pergi ngeliput dan mencari berita. Ketika lu sedang menyambut liburan sampai terkena macet , kami berkerja untuk memberitakan titik-titik sumber macer di muka bumi agar kalian lebih baik kalem di rumah.Ketika demo dan kerusuhan atau perang, kami di sana bekerja mempertaruhkan hidup dan mati demi memberikan kebutuhan kalian akan informasi. *Ecieee, berat nih omongan*

Gue sendiri sebagai anak yang kuliah di jurusan jurnal, berasa mau mati ngerjain tugas-tugas gue sendiri.Apadaya, sebagai mahasiswa yang terjerumus dalam jurusan jurnalistik ini, gue di tuntut untuk bekerja rodi dalam mengerjakan tugas-tugas yang bejibun minta ampun. *bisa 11 mata kuliah itu , smua nya ada tugas. dan tugas nya bukan kayak tugas yang cuma di pikir terus di tulis, atau cuma googling terus di tulis , tapi lu juga harus turun ke lapangan langsung mencari sumber tugas lu -_- *

 Dan aku sendiri, aku yang sebelum nya tidak mengerti dengan dunia ilmu sosial , karena sebelum nya di SMA merupakan lulusan ilmu alam , harus berusaha sekuat tenaga dan setabah mungkin untuk menjalani hari-hari yang cukup kelam, karena aku ngerasa aku adalah yang paling bodoh di antara teman-temn lainnya yang cukup luas pengetahuannya. Biasa nya teman-teman mengerjakan tugas 2 jam juga sudah siap, sedangkan aku seharian mungkin baru siap setengah  dong coba ? -_- . Otak ku rasanya bekerja 100 kali lebih keras saat mengerjakan tugas.

Lalu, yang terpenting dari seorang jurnalis adalah harus berani dan jangan malu-malu . Oke, mungkin masalah tugas-tugas atau apapun itu masih enak yah , tapi kalau sudah turun ke lapangan... Ini problem terbesar dalam hidup, wawancara ? oh god ! ini hal yang paling bukan aku banget.Ketika aku yang gak kepo ini di tuntut untuk kepo, ketika harus mewawancara orang dengan tidak malu-malu, itu hal yang paling sangat menyebalkan dan seorang jurnalis bukan jurnalis lagi kalau tidak mampu mendapatkan sumber berita.Oke , memang kalau soal wawancara aku cukup sering melakukannya, tapi itu pun harus sama teman.Kalau sendiri, ah aku belum sanggup melakukannya.

Tapi sesungguh nya di balik kesulitan ini aku sangat berusaha semaksimal maksimal nya sampai tetes darah penghabisan, walaupun telah jatuh dan tidak bisa bangkit lagi , tapi aku teteup bangkit. 
Selain itu, semenjak aku masuk jurusan komunikasi , rasa nya banyak sekali perubahan-perubahan baik dalam aspek persnonal. Rasa nya banyak sekali manfaat yang aku dapatkan di jurusan ini. Aku yang semula , pemalu prah sampai ke akar-akar , susah mulai sedikit agak berani. Aku yang sebelum nya demam panggung parah, jadi agak- agak sedikit lebih santai di depan orang-orang banya. Lalu, banyak sekali mengetahui informasi terbaru di muka bumi ini, pengetahuan jadi lebih luas.Tahu bagaimana tentang media , tahu bagaimana kebusukan-kebusukan media.Ah , banyak banget lah manfaat yang aku dapat.Tidak hanya sekedar belajar , kuliah , pulang.Tapi untuk kehidupan personal, banyak perubahan baik yang aku dapatkan. Pokoknya belajar jurnalis sangat bermanfaat deh untuk kehidupan.Jadi kuliah bukan hanya sekedar kuliah tapi di sini banyak proses, proses belajar sehingga engkau layak di sebut mahasiswa, memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar bangsa dan negara.*ciee, berat nih omongan*

Oke, impan ku selanjut nya adalah lebih percaya diri lagi dan lebih handal dalam teknik berkomunikasi, menjadi orang yang sangat kepo banget . Yang harus aku lakukan adalah lebih peka terhadap sekitar, harus lebih ingin tahu walau pun aku tidak ingin tahu, harus lebih berani.  Awali dengan Bismillah dan akhiri dengan 

AMIN~


2 comments:

  1. aku juga demikian kak, sebelum amsuk jurusan ilmu komunikasi, aku pemalu tapi begitu masuk, perlahan lahan mulai hilang pemalu nya. aku juga konsentrasi ke jurnalistik , jurnalistik tidak hanya soal tulis menulis memang kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe , iya kan .. mayan lah , walaupun mahasiswa salah jurusan ternyata aku terjebak di jurusan yang menguntungkan aku secara pribadi ..

      #TOS UNTUK JURNALISTIK!

      terimakasih telah berkunjung ya ! :D

      Delete

jengggggggg