Rissa Indrasty

My Photo
Jakarta , Jakarta Selatan, Indonesia
seafairy | journalist | artist | musician | artworker | traveller

Arul Ivansyah, baca 2 buku baru perbulan #1Day1Dream

#day 25



kali ini mau ngebahas tulisan ini , tulisan nya Arul Ivansyah ..
tentang baca 2 buku baru perbulan , sungguh niat yang sangat mulia kaka .. hehe :P :D

Setelah menjadi Blogger gue baru sadar ternyata membaca buku itu penting banget, pake banget. Sebelum gue mengenal blogger, pas ngeliat buku pasti dalam hati membatin “ah apaan nih buku” satu-satunya buku yang seneng gue baca seblum jadi Blogger adalah raport,itu juga tergantung, kalo ranking gue bagus ya gue baca berulang-ulang nah kalo jelek ya tidur.

HAHA, read bbm suka ga kaka ?? hahah
iya kak , tul banget ! baca buku itu sangat sangat penting untuk menambah wawasan kita , apalai di dunia perkuliahan , sangat penting  banyak baca buku , karena kita sebagai mahasisa *eh, mahasiswa calon penerus bangsa sangat penting memiliki wawasan yang luas *dan biar kelihatan mahasiswa nya* , bukan hanya cengak cengok ketika ngeabahas suatu hal atau diskusi di karenakan kurang membaca ..


Gue nyesel kenapa bersikap seperti itu, setelah mengenal blog dan sering baca buku, sekarang gue lebih sering bilang “kenapa ya nggak dari dulu aja gue suka baca buku, kalo dari dulu gue baca buku, mungkin banyak banget buku yang gue punya, bahkan mungkin bisa jadi gue punya perpustakaan pribadi ” itulah penyesalan telat gue, emang sih dimana-mana penyesalan itu datengnya dibelakang.

yah kakak, semangat dong.. masih belum terlambat kok kak , bisa di mulai dari sekarang juga .. .


Sekarang gue udah punya sedikit buku yang gue beli dengan uang saku yang dikasi orang tua gue, mulai dari buku mata kuliah dan beberapa novel. Gue pengen banget beli semua buku yang ada di Toko Buku, tapi apa daya gue gak punya uang untuk itu, setiap kali gue ke toko buku gue pasti merasa diperbudak, iya diperbudak, setiap kali gue ditoko buku gue ngerasa pengen berlama-lama disana, merobek semua bungkus buku dan membacanya satu persatu. Sebuah cita-cita yang sangat jahat, tapi sangat baik untuk kemajuan bangsa. Asik.

oia  kak, kakak juga ga harus beli buku kok buat baca, kakak juga bisa pinjam buku ke perpustakaan daerah  .. nah di sana banyak sekali buku buku yang menambah wawasan dan pengetahuan di dunia kak.. tentang biografi tokoh-tokoh dunia juga banyak kakak.. kalau buku-buku mata kuliah sih gausah beli , sayang duit haha . mending pinjam di perpus kampus saja atau pinjam teman , soal nya buku mata kuliah itu... ah entah lah , aku ngerasa buku mata kuliah gaenak baca nya .. enakan buku buku yang benar-benar di tujukan untuk umum , ga terlalu terfokus.. nah apalagi yang ga ngebosenin , yah misal saja buku tentang hitler, a diary of anna frank, napoleon , sejarah piramida gizeh , yah seperti bahasan-bahasan tentang dunia yang menambah wawasan kak ..


Seperti yang Mega tuliskan diBlognya kemarin malam tepat pukul 2 dini hari.

“Apa yang kita baca, menggambarkan diri kita” seperti itu yang gue bisa terjemahkan dari postingannya Mega, tapi setelah dipikir-pikir memang benar, gue merasakan itu.

Contoh.

Ketika kita baca buku komedi kita bakalan pinter ngelawak didepan orang
Ketika kita baca buku yang rentan galau kita juga bakalan ikut rentan galau
Ketika kita baca buku catatan hutang kita, kita bakalan stroke karena hutang kita kebanyakan.

kalau soal ini aku baru tau kakak, thanks info nya ya ... berarti aku kategori yang mana dong ? hehe

Tapi sekarang gue bertekad gue pengen baca minimal 2 buku baru per-bulan, emang sedikit sih tapi gue berusaha untuk menyesuaikan dengan dompet yang ada di saku belakang. Kalo gak bisa beli ya minimal minjem buku ditemen, terus jangan dikembaliin biar koleksi buku gue jadi banyak, sebuah cara yang jahat. Tapi sangat baik untuk kemajuan bangsa.
Tapi tunggu sebentar rencana untuk membeli buku itu, mungkin gue harus berdiskusi dengan orang tua gue, karena sekarang gue jadi anak kostan gue ga bisa beli buku semena-mena karena yang  paling pentingi buat anak kost adalah makan, iya makan, kalo gue gak makan gimana caranya gue mau ketoko buku, jalan 1 centi meter pun gue ga mampu karena kelaparan.

kak , segera kakak cari pusda di tempat terdekat kakak tinggal .. asli nya buku perpustakaan daerah rame deh , banyak .. atau perpustakaan apapun deh kak , jadi kakak gausah boros-boros kak , gausah beli , kecuali kalau kakak emang pengen banget beli buku itu untuk koleksi dan buku itu memang sangat bagus dan wajib punya kakak .. :)

Nah , untuk target 2 buku per- bulan , sebaik nya setiap kakak baca buku itu kakak catat judul buku dan tanggal kakak selesai baca .. kalau sistem orang jepang begitu kak, di catat buku-buku yang udah di baca , jadi tahu jumlah buku yang sudah di baca selama setahun .. aku juga mempraktekkannya kok kak . tapi semenjak kuliah smester 3 yang sangat menuntut untuk kerja rodi , aku udah mulai jarang baca , karena ga ada waktu kaka heheh :) 


“Mak, ini uang saku bulanan sebagian buat beli buku gpp kan ?” mungkin ijin gue begitu besok
Setelah dia bilang “iya” gue bakalan usahain punya 2 buku baru  itu.

kak , kakak anak kostsan ga ? kalau anak kostsan punya sangat banyak buku agak ribet kak pas pindah2 nya ehhee

“Iya nak pake aja uangnya buat beli buku juga, entar kalo uangnya abis, minta lagi aja, kalo emang kebutuhannya banyak”

AMIN!

Oke jadi intinya biar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat dan anak mudanya yang kreatif, gue bakalan berusaha untuk membaca 2 buku baru setiap bulan, entah itu dengan cara,

Beli buku baru, karena gue suka novel, khususnya komedi kemungkinan besar gue bakal beli buku kayak gitu :D
Atau

Oh, kalau novel jenis itu sebaik nya pinjam atau melakukan tindak kriminal merobek sampul buku di gramedia kak . hehe

Minjem ditemen terus nggak dikembaliin, mungkin ada temen-temen yang bukunya hilang ? siapa tau ada di gue.

sebaik nya jangan kak , ntar kakak dapat karma ..
hehe

 Atau
Pergi ke perpus terus pinjem buku dan baca ? (ini salah satu opsi yang gue dapet setelah tulisan ini jadi)

SETUJU KAKAK!

Kemuadian gue juga pernah baca tweet dari dosen gue kurang lebihnya bilang gini,
Orang indonesia masih memegang budaya “mendengar” untung-untung “menulis” masih belum menjadi bangsa yang “membaca”. (kalo quote-nya salah, koment aja ya dibawah)
Jadinya ayo kita sebagai anak muda harapan bangsa, kita mulai untuk rajin membaca tidak hanya mendengar dan menulis.

Nah itu kak , kalau perlu di indonesia semua buku di film kan .. biar tau semua sejarah-sejarah dan wawasan nya luas , karena pada males baca , pada sering nongkrong di 21 .. hehe

Kita mungkin bisa ambil contoh dari “orang-orang Jepang, itu yang gue tau. Banyak waktu yang mereka habiskan untuk membaca buku, entah itu didalam kereta, lagi boker, atau dikereta sambil boker, mereka tetep baca, ayo REK! Kita membaca! 

iya kak, aku juga pernah sok sok an praktekkin di dalam mobil sambil baca , walhasil pusing dan ga nyaman karena goyang2 hahahaa


atau ada quote yang lebih keren lagi bunyinya gini "jangan balikan sama mantan, itu sama kayak baca buku 2 kali, endingnya sama"

Bismillah semoga gue BISA!

HAHA SIP AMIN! SEMANGAT KAAKAAK!!

 bukti nyata, buku yang gue pinjem tapi belum dibalikin, emang belum selese dibaca juga sih

0 comments:

Post a Comment

jengggggggg