Rissa Indrasty

My Photo
Jakarta , Jakarta Selatan, Indonesia
seafairy | journalist | artist | musician | artworker | traveller

Ingin khatam dan memahami Al-Qur'an #1Day1Dream

04 january 2015



(Gambar di ambil dari : http://www.google.com/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fwww.alquranclasses.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2013%2F10%2Fal-quran-yang-mulia.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Fwww.alquranclasses.com%2Fhow-quran-was-preserved-revelation%2F&h=339&w=509&tbnid=SfanaiJC9oE7XM%3A&zoom=1&docid=clqC2XOasN4yxM&ei=dAypVJ-JLZS3uQT6jYGQCg&tbm=isch&ved=0CCEQMygDMAM&iact=rc&uact=3&dur=1409&page=1&start=0&ndsp=15)



Iya,
emang sih ini memalukan untuk seseorang setua aku *20 tahun* tapi belum pernah tamat membaca Al-Qur'an ..

Padahal anak SD saja mungkin sudah berkali-kali tamat membaca Al-Qur'an , tapi aku ? belum pernah sama sekali *memalukan*

Yah, gimana mau tamat juga sih, ketika aku sedang rajin-rajinnya baca Al-Qur'an sampai sudah ber-juzz juzz tiba-tiba saja aku di terpa dan termakan rayuan gombal syaiton yang terkutuk, akhir nya aku jadi males lagi.. Jadi seperti musiman saja, kalau sedang rajin masa nya membaca, aku membaca.. ketika masa nya males, aku tidak membaca .. Nah , ketika lagi masa nya aku males membaca Al-Qur'an, itu bacaan pasti terpending hingga lama-lama.. dan ketika aku kembali pulang *kembali mulai membaca Al-Qur'sn lagi, aku lupa sebelum nya sudah sampai juzz berapa dan lipatan di Al'Qur'an ku entah mengapa tiba-tiba jadi banyak sehingga sangat membingungkan , dan membuatku yang sudah sampai juzz  yang jauh harus kembali mengulang dari awal kembali.. *OK FINE!*

Tapi Yah, tidak apa juga sih kalau di suruh ulang dari awal juga, karena aku suka Juzz 1 lembar pertama , baca nya enak, tingkat kesulitan membaca nya tidak trlalu sulit *sombong* , Yah, mungkin karena aku sering sekali mengulang-ngulang juzz 1  mereun yah maka nya suka .

  Di karenakan  karena faktor umur yang sudah semakin renta ini *HEHE* , aku pun mulai kembali rajin membaca Al-Qur'an . Pokok nya di tahun ini aku harus bisa khatam Al-Qur'an ! Nah, langkah-langlah dan strategi khatam Al-Qur'an ini sudah aku buat dari tahun lalu.Strateginya adalah . . . Setiap habis solat, aku menyempatkan diri membaca minimal Al-Qur'an minimal 1 lembar . Nah, kalau misalkan aku tidak sempat baca Al-Qur'an nih, misalnya di solat Zuhur  aku ga sempat baca Al-Qur'an karena kegiatan kuliah atau apapun itu, aku akan menjamakkan membaca Al-Qur'annya di solat Ashar, jadi di solat Ashar aku membaca Al-Qur'an nya jadi dua lembar. :)

LALU,

Keinginan ku selanjut nya adalah membaca dan memahami tafsir Al-Qur'an . Ingin sekali rasa nya mengupas-ngupas sampai ke akar terjemahan Al-Qur'an yang memiiki bahasa indah dan bahasa tingkat tinggi.Bahasa Al-Qur'an bukan hanya sekedar bahasa biasa yag mudah di mengerti , tapi bahasa Al-Qur'an memiliki makna mendalam yang luar biasa. Al-Qur'an banyak menyimpan rahasia-rahasia alam semesta yang membuat rasa penasaran ini bangkit.Pasti kalia sudah sering dengar bukan, bagaimana banyak nya para ilmuwan yag menguak rahasia alam dengan berpedoman dengan Al-Qur'an. Bagaimana Al-Qur'an itu teruji kebenarannya, sumber sejarah yang merupakan pedoman hidup manusia atau petunjuk umat manusia. Nah , kalau soal ini , aku membutuhkan ahlinya, karena seperti yang aku katakan dari awal, Al-Qur'an itu memiliki bahasa yang tinggi, dan aku yang terlalu awam ini jika ingin memahami Al-Qur'an sendiri takut nya salah tafsir, sesat atau malah bisa gila jika tidak ada di dampingi ahlinya penafsir Al-Qur'an. Tapi jadwal kuliah dan kegiatan yang padat seperti nya sungguh sulit untuk mengunjungi para ahlinya, mungkin aku akan memulai untuk membaca terlebih dahulu arti Al-Qur'an, mencari tafsir nya di google, dan berdiskusi dengan teman kampusku dalam hal ini.

Oke, sekian cerita impian ku hari ini , semoga aku bisa mewujudkan impian ini, karena aku yakin aku bisa . Awali dengan Bismillah dan akhiri dengan


Amin ~

0 comments:

Post a Comment

jengggggggg