Rissa Indrasty

My Photo
Jakarta , Jakarta Selatan, Indonesia
seafairy | journalist | artist | musician | artworker | traveller

Asy-Syifa Halimatu, Yang kini di hadapi #1Day1Dream

#Day23

haloooo !!!  Syifaaa! ,

kali ini akan me #repost tulisan kamu ,

yang berjudul .....


#1Day1Dream Yang Kini Dihadapi...

Selama ini, sejak SMP, aku sudah mulai dituntut untuk menentukan sedari dini pilihan universitas mana yang bakal aku pilih nanti. Sebagai pelajar yang tinggal di Jawa Barat dengan banyak universitas yang memadai (dan juga keren pasti), aku bersyukur bisa tinggal di Bandung *ups, ralat, Cililin! Dengan banyaknya universitas-universitas terbaik, membuatku punya peluang besar untuk bisa masuk ke sana. Tau kan ya, peluang dimana pelajar berada untuk masuk universitas di dekat tempat tinggal itu akan semakin besar. Yah, semoga nanti kuliah S1 nggak harus jauh-jauh mendaki gunung dan menyeberangi lautan nun jauh di sana, haha..

Wah , keren sekali kamu dik ! sejak smp saja sudah di tuntut memlih jurusan dalam perkuliahan.. wah itu padahal masa-masa yang labil sekali loh ! Yap , di bandung terutama, banyak sekali universitas yang keren-keren banget , top cer pasti nya! iya, kamu kan udah tinggal di bandung, dan di bandung sendiri universitas sudah sangat sangat memadai , dan bagus bagus baik negri ataupun swasta , jadi kamu sebaik nya tidak perlu merantau , karena kehidupan merantau itu cukup keras .. HOHOHOH *poke anak rantauan* , tapi kalau merantau beda lagi ilmu dan pengalaman yang kamu dapat dek  ! *percayalah* #waduh jadi galau ahhaa

sumber Google
Makanya, ketika ditanya, dua pilihanku adalah ITB dan UNPAD. InsyaAllah, semua pelajar mampu dan punya kesempatan yang sama untuk masuk salah satu dari dua perguruan tinggi ini. Dan aku, aku... juga mulai percaya bahwa aku adalah orang-orang yang mampu masuk di salah satunya.

AMIN DEK ! yang kamu harus lakukan saat ini adalah , serius belajar pagi siang malam tanpa henti tanpa bosan , karena masuk ITB dan UNPAD , ah tau sendiri deh , mayan banyak banget pesaing nya .. dan selanjut nya DOA , itu kekuatan yang paling besar , tidak lupa restu orang tua dek .. selalu minta doa ke mereka..



Semakin naik kelas dan kini menjadi anak SMA, orangtuaku mulai meyakinkan (dan menuntut sih sebenarnya, hehe) untuk bisa lolos ke ITB dengan jalur undangan. Hmm... memangnya siapa sih yang nggak mau lolos SNMPTN yang—mungkin, dan sedikit banyak—lebih mudah dibanding jalur tes lainnya? Aku juga mau, tapi... aku nggak yakin.

WOW !!!! semoga keterima yah dedek ku! iya ITB dek !! hidup ITB!  ITB emang keren banget dek! asli nya ! kampus terbaik kedua setelah UI! anak ITB merupakan calon-calon pemimpin bangsa.. Nah , kalau untuk jalur undangan itu cukup sulit, bukan cukup lagi tapi sangat sangat sangat sulit , nah itu di lihat nya dari nilai rapot dik, nilai rapot kamu harus tinggi, dan walaupun tinggi juga itu tidak menentukan , karena kamu harus bersaing sama seluruh indonesia.. Tapi jangan berkecil hati, tetap usaha dan berdoa trus, dan selain itu ada jalur SBMPTN , nah itu tes tertulis secara serentak dik , dan yang bisa lolos hanya dua kategori .. 1. PINTER BANGET dan 2.LUCKY , nah smangat blajar dan berdoa nya ya! . lalu ada satu jalur lagi, aku lupa nama jalur nya , mungkin jalur belakang kali  ya, itu harus mengeluarkan biaya yang lebih *yah gitu deh.. hehe

sumber Google
Begini, mengenai SNMPTN di 2016 mendatang (tahun kelulusanku SMA), kabarnya akan menjadi persaingan yang cukup besar. Gimana nggak? Hanya sebanayak 50% pendaftar lah yang nantinya akan diterima di PTN seluruh Indonesia. Dan coba aja bayangkan, kalau pendaftarnya nggak hanya siswa-siswi yang masuk ranking di sekolahnya masing-masing, tapi semua siswa punya kesempatan yang sama untuk itu. Memang sih, aku nggak bisa menghalangi mereka, karena ya aku memang nggak bisa mencegah kesempatan orang banyak kan? Tapi, dalam ilmu peluang, semakin banyak sampel yang masuk maka peluang salah satu sampel untuk muncul akan semakin kecil. Ngerti maksudku kan?

Bukan aku nggak mau jalanin tes SBMPTN, tapi... selagi ada yang mudah dan lebih baik bagiku, kenapa nggak? Dan, lagi, aku nggak yakin sama diriku sendiri. Aku takut kalau nanti aku malah mengecewakan kedua orangtuaku. Entahlah, kenapa aku sendiri nggak yakin kalau Mamah dan Abah aja percaya sama aku!

adikku , kamu jangan putus asa sebelum memulai perang .. usaha saja dahulu .. jangan mikir kalah nya sebelum kamu mencoba , jangan meresahkan apa yang belum terjadi , entar aja resah nya kalau sudah terjadi hehee.. yang kamu lakukan sekarang ini adalah usaha dan doa , pikirkan yang kamu inginkan , jangan pikirkan yang tidak kamu ingin kan .. oke ? dan jangan pula berkecil hati , semangatilah jiwa mu itu dengan keyakinan..

Di sisi lain, aku juga mulai memikirkan soal pilihanku untuk masuk UNPAD. Sulit sih, sulit untuk pilih fakultas yang benar-benar bisa bermanfaat buatku. Nggak hanya karena aku suka dengan pilihan tersebut, tapi aku mulai berpikir apakah fakultas itu nantinya akan benar-benar ‘memberikan ilmu’ buatku? Aku nggak mau kalau aku memilih fakultas yang salah alamat, bukannya dapat ilmu tapi aku malah buang-buang banyak hal, seperti waktu dan biayanya.

nah itu ! jangan sampai salah jurusan .. karena nyiksa ngejalanin nya ntar .. pikir kan apa yang kamu suka dan kamu mampu jalani.. 

sumber Google
Huft... ini nih yang jadi dilema anak SMA. Pilihan-pilihan di depannya yang seolah ‘menghantui’ untuk cepat-cepat diambil keputusan. Lebih cepat memang lebih baik sih, tapi kalau terlalu cepat gimana kalau nantinya menyesal, nggak mau kan? Aku sepertinya perlu banyak berdoa dan berdiskusi lagi dengan Allah supaya aku nggak salah. Aku percaya keputusan itu harus dibuat, dan aku harap keputusan itu tidak saja baik untukku, tapi juga baik menurut-Nya. Tantangan nggak pernah bisa dihindari, tapi kalau kita yakin, semua pasti bisa! Semoga saja aku bisa memilih pilihan yang terbaik, salah satu yang kuhadapi adalah pilihan universitas. Kamu pernah sebingung ini? Cerita juga dong :)

Semua orang pasti mengalami fase ini dik , yang terpenting pilih yang kamu suka ! itu saja kunci ya , jangan pernah dengar kata orang lain , dan jangan karena tuntutan kamu jadi memilih yang kamu tidak suka. kunci nya PILIH YANG KAMU SUKA,SUNGGUH-SUNGGUH dan TANGGUNG JAWAB DENGAN APA YANG TELAH KAMU PILIH !!

oke, sekian ya tanggapan dari kakak cantik ini .. semoga bermanfaat buat kamu ya .. !! semangat !!! ITB KEREN LOH! !!  tapi kalau jurusan yang kamu pengen ada di UNPAD , yaudah pilih unpad juga hehehe kan bisa pilih beberapa pilihan .. SEMANGAT YAH DIK!!!


1 comments:

  1. Aaaaa..., baru tau ada postingan ini. Makasih Kak Rissa untuk semua tanggapannya. Hihi, aku jadi makin semangat untuk bisa menggapai mimpi yang satu ini :)

    Baca #1Day1Dream Syifa

    ReplyDelete

jengggggggg