Rissa Indrasty

My Photo
Jakarta , Jakarta Selatan, Indonesia
seafairy | journalist | artist | musician | artworker | traveller

Lombok dan Sumbawa Surga Wisata halal Terbaik di Dunia

Oleh : Rissa Indrasty

Gambar di ambil dari fanpage wonderfullomboksumbawa 

Ku cinta ~

Aku Terpana~

Pulau Lombok Indonesia ~


Mari nyanyikan barisan pendek kalimat di atas dengan nada lagu “pesona Indonesia” yang kerap kali bersenandung di reklame televisi oleh suara yang tak asing tapi khas, milik musisi wanita yang telah lama mewarnai musik tanah air, Rosa. Senandung lagu tersebut seakan – akan dicekoki ke telinga masyarakat Indonesia, lagu yang layaknya memiliki sihir yang merasuki jiwa, menempel permanen di ingatan, dan menciptakan gambaran – gambaran yang ditampilkan ingatan sehingga kita membayangkan betapa kita mencintai Indonesia kita dengan segala ke apikannya.

“Lombok dan sumbawa adalah bayangan yang tepat untuk menggambarkan pesona Indonesia.” Siapa pula yang ingin setuju dengan pernyataan itu ? Karena jika ada kata yang tingkatannya lebih tinggi dari pada “pesona”, maka kata itulah yang tepat untuk menggambarkan lombok dan sumbawa. Kedua pulau yang indahnya telah termasyur tersebut bertanggung jawab karena menimbulkan hasrat menggebu masyarakat yang tak hanya bagian dari Indonesia sendiri, tetapi juga dari kancah dunia untuk menapakkan kaki di alamnya yang indah.

Gambar di ambil dari Google

Rasa terimakasih yang sangat besar bagi penguasa semesta alam karena telah menciptakan pulau indah layaknya surga ini di bumi Indonesia kita. Ya, surga, lombok dan sumbawa adalah surga dimana pengunjung dari berbagai kalangan dapat memenuhi kebutuhan jiwa dan rohani dengan aman. Pengakuan ini dibuktikan dengan penghargaan bergengsi yang diraih lombok sebaga Worlds Best Halal Tourism Destination (Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia) dan Worlds Best Halal Honeymoon Destination (Destinasi Bulan Madu Halal Terbaik Dunia) di ajang World Halal Travel Awards (WHTA) 2015.

Lombok destinasi halal terbaik di dunia, tidak ada lagi alasan masyarakat dari latar belakang keyakinan apapun (terutama muslim) dari penjuru dunia khawatir untuk berlibur dengan aman, karena lombok hadir dengan menggenggam konsep halal pertama di Indonesia untuk masyarakat dunia. Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 diluncurkan mengenai pariwisata halal yang meliputi destinasi, pemasaran dan promosi, industri, kelembagaan, pembinaan, pengawasan dan pembiayaan.

Lombok destinasi halal terbaik dunia menyediakan alam yang luar biasa indah tetapi tidak melupakan esensi keberadaan Tuhan yang telah menciptakan pesonanya. Pengunjung tidak melulu terlena dengan kesenangan berwisata, tapi fasilitas umum yang mendukung kenyamanan aktivitas rohani juga tersedia dalam konsep Lombok destinasi wisata halal terbaik dunia.

Gambar diambil dari Google

Indonesia memiliki semuanya, lombok memiliki segalanya. Mulai dari wisata alam, kuliner, adat istiadat, kebudayaan, kebutuhan batin, rohani dan lainnya. Salah satu destinasi wisata alam yang tidak asing di lombok adalah pantai. Pantai dengan pasir putih dan panorama gradasi warna air laut yang sangat memukau membuat bulu kuduk meremang dan nafas tertahan karena takjub akan keindahan ciptaan Tuhan. Keindahan yang sangat membius mata dan membuat siapapun candu untuk menyunggingkan senyuman bagi pupil – pupil yang melihat. Pantai transparan dengan angkuh memamerkan isi di bawah permukaannya yang juga terdapat surga bawah laut.

 Hal yang tak kalah unik lagi jika membicarakan pantai lombok dan akan menjadi hal pertama di dunia yaitu pantai konsep 'halal' akan segera ditemukan di lombok. Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, L.M Faozal mengutarakan pemda NTB berencana akan mengembangkan wisata pantai khusus konsep pantai halal (halal beach), pantai dimana wisatawan dapat menikmati pantai dengan halal karena wisatawan kaum hawa dan kaum adam dipisah. Pantai akan diberi pembatas permanen yang memisahkan wisatawan pria dan wisatawan wanita. Pantai di Lombok yang akan dikembangkan menjadi pantai konsep halal, yaitu kawasan Meninting (Lombok Barat) dan kawasan Mandalika (Lombok Tengah). 

Gambar di ambil dari Google

Gambar di ambil dari Google

Untuk Wisata bidang kuliner, lombok memanjakan lidah wisatawan dengan beragam makanan khas, seperti ayam taliwang, ikan bakar pantai nipah, pelecing kangkung, sate ikan (tanjung), ares, sepat, singang dan lainnya. Tentunya lombok sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia menyediakan makanan dan minuman lezat dimana industri wajib memiliki sertifikasi halal dan menjamin kehalalan yang disajikan. Para wisatawan terutama muslim tidak perlu khawatir atau membatasi diri untuk menjelajah kuliner di lombok.


Gambar di ambil dari Google

Wisata bidang rohani, khususnya bagi wisatawan muslim, lombok adalah destinasi wisata halal terbaik di dunia dengan simbol pulau seribu masjid. Masjid – masjid yang jaraknya cukup dekat antar masjid dan design nya yang sangat menarik membuat para wisatawan semangat untuk melaksanakan ibadah solat. Lombok benar – benar destinasi wisata yang sangat mendukung kenyamanan perjalanan wisatawan muslim .

Gambar diambil dari Google

Sementara itu,  sumbawa rencana juga akan membangun dua proyek infrastruktur berkonsep syariah. Industri yang ingin menjual jasa dan produk kepariwisataan dengan konsep syariah atau berbasis pariwisata halal di lombok, wajib menyediakan arah kiblat di kamar hotel, informasi masjid terdekat, tempat ibadah yang nyaman bagi wisatawan dan karyawan muslim, keterangan produk halal dan tidak halal, tempat wudhu terpisah antara laki – laki dan perempuan, sarana pendukung untuk melaksanakan sholat, serta tempat tidur terpisah antara laki – laki dan perempuan.

Kabar baiknya, lombok sebagai destinasi wisata halal di dunia terdapat 100 hotel yang telah di sertifikasi halal, seperti Sentosa dan Novotel. Bahkan Sofyan Hotel Group berhasil memenangkan World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 dengan kategori World’s Best Family Friendly Hotel yang di selanggarakan di Abu Dhabi, UEA. Rata - rata hotel di Lombok juga menyediakan kitab suci Al-Qur’an serta sejadah bagi umat muslim yang ingin melakukan ibadah. Tentunya keanekaragaman fakta – fakta menarik ini membuat wisatawan khususnya muslim semakin berhasrat untuk mengunjungi lombbok.

Selain itu, bagi wasatawan muslim yang ingin membuat rileks tubuh setelah seharian berpetualang di lombok, dapat memanjakan diri dengan aman karena terdapat SPA, sauna, griya pijat halal yang wajib menyediakan ruangan perawatan untuk pria dan wanita secara terpisah. Selain itu adapula terapi pikiran dan olah fisik halal yang tidak melanggar syariah dimana terapis pria dan wanita terpisa, serta memiliki sarana yang memudahkan untuk melaksanakan ibadah solat.

Lombok dan Sumbawa dengan apa adanya menghipnotis pikiran, mata, hati, rohani, telinga, indra pengecap yang aman terutama bagi wisatawan muslim. Lombok dan sumbawa adalah destinasi wisata yang patut menjadi panutan bagi pulau – pulau lainnya di Indonesia, menunjukkan bahwa Indonesia kaya, Indonesia unik, Indonesia harum dimata dunia, Indonesia surga wisatawan dari penjuru dunia yang wajib wisatawan ukir kenangan didalamnya.

Gambar diambil dari Google







Referensi :




http://travel.kompas.com/read/2016/02/08/210700227/Lombok.Destinasi.Wisata.Halal.Terbaik.Dunia.



0 comments:

Post a Comment

jengggggggg