Rissa Indrasty

My Photo
Jakarta , Jakarta Selatan, Indonesia
seafairy | journalist | artist | musician | artworker | traveller

PINGSAN! Hari Yang Mengingatkanku Pada Beberapa Tahun Silam

Hari ini aku bertugas liputan di Polda Metro Jaya Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2020).


Saat awal, semua terasa biasa-biasa saja, bertemu teman yang asik-asik, berbincang seperti biasa.

Hingga pekerjaan dimulai, aku mengambil rekaman video seperti biasa, hingga bermenit-menit berlalu, aku merasa sekujur tubuhku terasa aneh.

Aku merasa mulai tak bisa menopang tubuhku, tapi aku terus berusaha. Pandanganku sudah terasa mengabur sekali-sekali, tapi aku terus berusaha dan berteriak dalam hati, aku bisa aku bisa, perasaan ini cuma halusinasi.

Hingga beberapa saat kemudian, aku merasakan tak mampu lagi.

Kau tahu? Faktanya, Tubuhmu tak akan pernah sekalipun berbohong padamu. Aku merasa aku sudah tidak kuat, ini saatnya aku berhenti. 

Aku pun menghentikan pekerjaanku, aku menekan tombol berlambang persegi yang berarti menghentikan video, meski pekerjaanku belum selesai. Aku tahu, aku harus cepat mengambil keputusan untuk berhenti, karena aku yang bertanggungjawab atas tubuhku sendiri.

Lalu kemudian aku duduk di tempat terdekat dan langsung minum. Saat tengah minum, aku langsung menyusul teman-teman yang tengah berjalan menuju cafe terdekat, aku berjalan agak cepat karena aku takut pingsan saat tengah berjalan. Diam diam pikiran dan tubuhku menggila saat tengah berjalan itu, rasanya sakit dan ingin jatuh saat itu juga.

 Tapi aku mengabaikan dan terus berjalan cepat hingga aku mengatakan duduk disana saja! Karena itu yang paling terdekat di teras restoran, aku tak sanggup ingin duduk. Tanpa mereka setujui aku langsung duduk dan diikuti yg lain, aku langsung menyandarkan kepala ku di atas tanganku, dimana tanganku bersandar pada meja, tak lupa aku memejamkan mataku. Aku mengatakan bahwa aku sangat pusing.

Beberapa detik, temanku yang lain ingin mencari meja lain, tapi dia memintaku menunggu di meja, sembari dia mencari tempat, ntah dia mengerti keadaanku.

Tak lama, dia mengajakku untuk ke tempat lain di dalam restoran, itu lebih better karena tak ada asap rokok yang kutakutkan membuatku terasa semakin parah. Akupun kembali menyandarkan kepalaku di meja dan memejamkan mata, tapi ac di restoran tersebut terasa menusuk nusuk tubuhku dan tiba2 perutku terasa sakit, keringat mengocor deras di wajah hingga badan-badanku.

Hingga temanku berkata,

"Ih rissa, lu keringatan. Kok lu tiba-tiba sih kaya gini?"

Aku juga sambil tibatiba bertanya-tanya, kenapa tubuhku tiba-tiba drop kayak begini.

Ingatanku pun berkelana pada beberapa tahun lalu, aku tengah berada di sebuah desa, tengah membuat film dokumenter. Waktu itu aku dan temanku pergi ke persawahan mengambil video suasana sawah dipedesaan, ditengah terik matahari yang menyengat. Saat itu aku berkata pada temanku,

"Eh tau nggak? Aku kalo kena panas matahari bisa sakit loh."

Lalu temanku tertawa tak percaya..

"Hahahaha, mana ada orang sakit cuma karena kena panas matahari."

Lagipula saat itu kondiisi ku sangat sehat dan masih bercanda-canda.

Hingga pulang ke rumah sewaan, tiba tubuhku drop, pandanganku sekali kali kabur, tubuhku terasa sangat berat seperti ditimpa, hingga aku terbaring tak berdaya, dan aku pun benar benar sakit telak.

Suhu tubuhku meningkat drastis seperti di siram air panas kalo kata temanku, aku juga sulit bangun.

Parahnya, aku demam hingga berhari-hari. Entah mengapa mungkin karena ini di desa, gosip aku sakit tersebar ke sepenjuru desa,

Hingga bu RT datang memeriksa kesehatanku.

Apalagi kami adalah anak kota yang datang ke desa, setahuku, kalo di film-film, peristiwa kayak anak kota ke desa selalu jadi pusat perhatian, ya kayak aku gini, anak kota sakit jadi heboh 1 desa, dan beneran ini kejadian di dunia nyata. Tahu sendiri kan, orang membuat film kerap kali tak jauh dari kejadian-kejadian nyata.

Saat itu, aku merasa kaki ku disentuh dan kudengar itu suara ibu RT. BTW, aku orang yang akan terbangun ketika terasa tersentuh bahkan hanya dengan 1 jari saja (itulah penyebab aku tidak bisa tidur sama orang lain di satu kasur). Tapi saat aku disentuh bu RT, aku tak langsung membuka mataku karena mataku seperti ditempeli lem, tapi saat itu aku terasa setengah sadar dari tidur, makanya aku sedikit2 dengwr suara ibu RT. Kalau tidak salah dia memberiku obat, aku lupa.

Ntah berapa lama aku tak sadarkan diri, hingga hari hari kemudian aku mulai pulih. Barulah aku mendengar ceritaku dari teman-temanku. Menurut penuturan teman yang tidur bersamaku, aku setiap malam menangis memanggil ibuku di dalam tidurku, Sejauh ingatanku hingga saat ini, aku bermimpi melihat akar-akar besar yang bergerak.

Nah, stelah itu, fakta lainnya, ketika aku pergi keluar dan bertemu orang-orang. Aku dikenal sebagai si Rissa yang sakit karena kena panas matahari itu.

Dan temanku yang saat itu menertawakanku karena tak percaya aku bisa sakit karena kena panas, semakin menertawakanku.

"Hahahaha, gila ya. Beneeran loh. Ternyata ada ya orang yang sakit cuma karena kena panas matahari."

-flashback off-

Kembali ke masa ini, aku tiba-tiba berpikir, apa penyakit kena panas langsung sakitku kambuh lagi ya karena kelamaan WFH? Hemmmm. Seperti yng diketahui, penyakit kena paanasku sudah hampir punah semenjak aku bekerja sebagai wartawan dan sering di bawah matahari.

Tapi saat itu, aku minum es jeruk hangat dan langsung makan, tiba tiba saja aku merasa sangat sangat lebih baikkk , aku merasa pulih, meski masih ada seuprit sisa sisa puyengnya. Hingga temen ku mengatakan.

"Ih rissa lu udah seger lagi,"

Tapi saat itu aku menduga karena aku tidak sarapan. Tp biasanya aku tidak pernah sarapan dan baik2 saja. Lantass?? Apaaa kejadian barusan itu???

Pulang pun tiba, hingga sampai di kamar aku mengingat aku belum datang bulan. Dan ketika mengecek, oooo god, ternyata ini hari pertamaku HAID, pantas saja aku lemass dan tak mampuuuu sekaliiiiii. Finally i got teh answer!

-END-

1 comments:

  1. Wynn Las Vegas - Jtm Hub
    Wynn Las Vegas 오산 출장샵 · $300 Weekly Guest Fee 이천 출장샵 · Wynn Resort Fee 광주 출장샵 and Resort 밀양 출장샵 Credit · Wynn Las Vegas. 영천 출장샵 Dining, dining, and entertainment

    ReplyDelete

jengggggggg